Alhamdulillah hari ini saya bisa berkesempatan memposting beberapa PTK Bahasa Inggris,

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang wajib dipelajari bagi siswa yang sekolah pada jenjang sekolah, baik madrasah tsanawiyah (MTs) setingkat dengan sekolah menengah pertama  (SMP) ataupun sekolah Aliyah (MA) setingkat dengan sekolah menengah atas (SMA). Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan berbahasa Inggrisbaik untuk berkomunikasi secara aktif maupun pasif.

Mencermati tujuan yang ditetapkan di atas, kiranya bukan hal yang  berlebihan dalam hal penguasaan Bahasa Inggris yang harus dicapai oleh siswa. Sebab berdasarkan kenyataan, bahwa bahasa ini dalam fase perkembangannya telah dijadikan bahasa resmi dunia Internasional (PBB Persatuan Bangsa-Bangsa) (Yusuf dan Anwar, 1995). Masalahnya sekarang adalah bagaimana meningkatkan kualitas Bahasa Inggris, yang masih dianggap sebagian siswa sebagai bahasa yang  sulit untuk dipelajari. Disini peranan guru sangat dinantikan.  Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seperti pengadaan  pusat latihan, pengadaan laboratorium bahasa, kursus-kursus, media massa yang menyajikan bahasa Inggris yang praktis. Selanjutnya Yusuf dan Anwar (1995) menjelaskan bahwa Bahasa Inggris yang sebenarnya tidaklah sulit, asalkan tekun dan rutin (bersungguh-sungguh dan serius)  serta berani mempraktekkannya,  tidak perlu  malu/takut salah serta banyak latihan. Hal itu dapat dilakukan baik di sekolah maupun luar sekolah,  sehingga bahasa Inggris bukan lagi hal  yang ditakuti dan dianggap sukar oleh siswa.

Banyak faktor yang dapat dilihat sebagai penyebab. Menurut pendapat Ahmadi dan Mulyono (1991) bahwa komponen-komponen yang mempengaruhi hasil belajar seorang  siswa meliputi :  (1)  stimuli belajar, (2) metode belajar, (3) individual  siswa. Syah (2001) menjelaskan terdapat dua faktor  utama yang mempengaruhi perolehan hasil belajar siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Selanjutnya, yang termasuk kedalam faktor internal diantaranya adalah intelegensi, minat, bakat, sikap serta motivasi. Sedangkan yang termasuk kedalam faktor eksternal meliputi guru, metode pembelajaran, lingkungan sekolah serta sarana dan prasarana.

Melihat berbagai faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar  siswa, peneliti menyoroti penggunaan strategi pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Setiawan (2004) menyebutkan saat ini, sebagian besar guru dalam mengajar masih menggunakan komunikasi satu arah (one way traffic communication). Dengan cara mengajar seperti ini, guru bertindak sebagai pemberi ilmu pengetahuan yang pasif. Terlihat bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah cenderung membuat siswa pasif,  pembelajaran satu arah dan tidak dapat mendorong siswa   untuk mampu berbahasa Inggris. Seharusnya, dalam pembelajaran bahasa harus selalu memancing siswa untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari belajar dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, Bpk/Ibu sekalian sudah bukan waktunya guru bermalas-malasan melakukan berbagai kegiatan untuk meggalakkan siswa dalam belajar. Banyak cara yang bisa menggalakkan siswa dalam belajar, 2 caranya ada dalam PTK yang saya bagikan ini. gunakan PTK ini sebagai alternatif dalam membelajarkan siswa dengan lebih semangat sehingga peserta didik kita menjadi lebih baik

Langsung saja berikut linknya:

1. PTK BAHASA INGGRIS 1

2. PTK BAHASA INGGRIS 2

Untuk mendapatkan PTK Lainnya silahkan klik fanspage dan koment selanjutnya akan saya kasih link nya

terima kasih sudah mampir mudah-mudahan bermanfaat

One thought on “Kumpulan PTK Bahasa Inggris Gratis

  1. wongliangsiem says:

    Honestly Thank You very much

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website