Setiap orang punya kebiasaan yang berbeda dalam menerapkan pola belajar. Pola belajar yang tepat akan meningkatkan tingkat keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. tidak semua kita mengetahui cara belajar yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil yang diinginkan. Tanpa disadari sebenarnya masing-masing manusia punya cara belajar khusus sehingga apa yang kita inginkan tercapai, baik anda seorang siswa mahasiswa atau guru sekalipun. dengan belajar yang tepat sama juga meningkatkan keberhasilan akademis anda. tapi banyak siswa kita yang tidak tahu bagaimana untuk belajar yang tepat, oleh karena itu, selayaknya guru memberikan alternatif-alternatif cara belajar kepada siswa sehingga hasil belajar pun akan maksimal. setelah saya memperhatikan banyak siswa saya dari berbagai jenjang yang kurang memahami cara belajar yang tepat maka saya telah membuat 9 cara yang dapat siswa lakukan untuk meningkatkan kebiasaan belajar nya.

1. Pilih tempat yang konsisten untuk belajar.

Tempat merupakan hal yang pertama dalam belajar. Cobalah untuk memilih tempat yang berbeda, kemudian tetapkan tempat yang mana yang paling cocok atau paling nyaman dengan anda kemudian konsistenlah untuk belajar ditempat tersebut. Sebagian orang sangat membutuhkan ketenangan dalam belajar, tetapi ada juga sebagian yang lain baru bisa belajar kalau diputar musik. Kuncinya adalah untuk menemukan tempat yang nyaman untuk anda belajar. tidak masalah apakah itu di dapur, kamar tidur atau dihalaman rumah tapi usahakan tersedia alat seperti meja, kursi cahayanya cukup.

1468340476-32-kata-k

2. Jangan Menunggu Ujian baru anda Belajar

Belajar hanya saat ujian adalah kebiasaan yang salah dari siswa, bahkan ada istilah SKS (sistem kebut satu malam). 15 menit setiap malam lebih baik akan lebih baik daripada 1 malam untuk setiap bulan. Contohnya: Jalan yang kita lalui kerumah secara sendiri teringat dalam kepala karena setiap hari kita lalui

3. Gunakan buku agenda harian anda

Guru dan siswa sebaiknya punya buku agenda, bukan sekedar punya tapi menulis buku agenda adalah hal yang paling penting. Kebanyakan orang punya buku agenda tapi isinya tidak ada. Cobalah untuk menulis daftar tugas-tugas dibuku agenda sehingga anda tidak akan melewati satupun tugas yang diberikan.

 4. Tempatkan Buku dan Catatan anda dengan Konsisten
Hindari Kebiasaan buruk setelah belajar buku berserakan, usahakan untuk menempatkannya kembali pada lemari atau rak buku yang mudah kita ambil ketika mau membacanya lagi. kalau anda menggunakan binder dalam membuat catatan belajar, satukan masing-masing pelajaran ketika sesampai anda dirumah sehingga catatan anda tidak berhilangan.
5. Membuat kartu studi.
Banyak manfaat yang anda dapat dari membuat kartu studi. salah satunya anda akan tahu materi apa yang sudah anda kuasai sehingga akan melanjutkan membaca atau mengulang materi yang belum dikuasai. Membuat kartu studi dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran hal ini seperti yang diturakan dalam brainscape.com 

6. Buatlah panduan belajar.

Ketika anda membaca sebuah buku pastinya ada informasi-informasi penting yang anda temukan, tulislah/salinlah informasi penting itu dalam buku catatan sehingga suatu saat anda ingin mengulangnya tidak perlu membaca satu buku lagi. Alangkah baiknya hal-hal yang anda anggap penting dalam satu buku menyalinnya per BAB agar terarah hasil bacaan anda.

7. Bicarakanlah tentang tugas-tugas dengan teman
Belajar bukan hanya dengan membaca buku, tetapi Membahas berbagai persoalan dengan teman-teman merupakan salah satu cara lain untuk belajar. Belajar dengan teman anda bukan hanya sekedar membahas soal-soal atau tugas yang diberikan guru, tetapi membahas hasil bacaan yang pernah anda baca dengan teman sekolah merupakan kegiatan yang dapat mengembangkan hasil bacaan anda
8. Mintalah bantuan kepada orang yang anda anggap lebih.
Ketika anda mempunyai kendala dalam belajar berkonsultasi dengan guru Bimpen atau guru mata pelajaran adalah solusi terbaik. jangan abaikan hal ini karena banyak solusi yang akan anda dapatkan dari guru karena pengalaman dan ilmunya
9. Disiplin dan Fokus
Kesuksesan membutuhkan waktu dan usaha. Disiplin adalah kunci utama dalam kesuksesan termasuk belajar. sekarang saatnya berfikir untuk masa depan anda sendiri dan fokuslah pada tujuan yang ingin anda capai dimasa depan. 

 

 

2 thoughts on “9 Cara Belajar Yang Tepat

  1. pembaca says:

    sangat bermanfaat,thanks gan.

    1. admin says:

      terima kasih udah singgah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website