Membuat suasana kelas aktif dalam pembelajaran sebenarnya bukan hal baru bagi para guru, dari dahulu guru sudah mengenal Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dengan perubahan kuriklum berubah pula namanya tetapi intinya sama. Kita umumnya paham pembelajaran tidak hanya berpaku pada hasil belajar akan tetapi pada proses pembelajaran itu lebih penting.  Pembelajaran zaman sekarang  berbeda dengan dulu, kalau dulu guru membantu siswa bagaimana cara untuk belajar agar hasil belajarnya tinggi dengan kurang memperdulikan keterampilan siswa. Cara membuat suasana kelas aktif dalam pembelajaran sebenarnya suatu hal yang betul-betul harus dikuasai guru, karena hal ini sangat berpengaruh pada hasil dan tujuan pembelajaran. Selain dari hasil belajar, siswa juga dituntut harus mempunyai Keterampilan yang didalamnya terdapat; berpikir kritis, kolaborasi dan pemecahan masalah dalam kehidupan mereka. Belajar tidak hanya menghafal konsep-konsep tapi lebih kepada penemuan konsep sehingga dapat menggunakan nya dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan mereka.

Agar siswa mempunya keterampilan, guru dituntut memilih metode, teknik  yang tepat dalam pembelajaran. Sehingga  dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif di sekolah yang hasil nya siswa tidak hanya memperoleh ilmu yang sudah ada tetapi dapat menciptkan dan menemukan penemuan-penemuan baru tanpa terduga-duga.

Manfaat Pembelajaran Aktif

Banyak manfaat yang didapat siswa dengan pembelajaran aktif diantaranya untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk mengingat ilmu yang didapatnya,dan juga dapat dijadikan sebagai latihan bagi siswa untuk berpikir kritis.

Selain itu pembelajaran yang aktif dapat membantu siswa yang gaya belajar nya berbeda-beda, hal ini dikarenakan kemampuan yang dimiliki siswa berbeda sehingga akan memberikan pilihan yang lebih baik. Dengan pembelajaran aktif siswa akan belajar dengan melibatkan mata, telinga, tangan dan mulut (visual, audio dan verbal).

Apabila ingin menerapkan pembelajaran aktif dikelas, ada beberapa cara yang bisa saya paparkan. Cara-cara ini mudah-mudahan bisa Bpk/Ibu terapkan dikelas:

  1. Untuk pembelajaran matematika misalnya, materi konsep teorema phythagoras. Cobalah Bpk/Ibu gunakan meteran dan ajak siswa untuk belajar dengan mengukur segitiga ruang kelas, sehingga dengan praktek seperti itu siswa akan menemukan sendiri konsep sisi miring dan hal-hal baru bahkan bisa diperoleh oleh siswa.
  2. Cobalah Bpk/Ibu berpikir kreatif untu Melibatkan siswa dengan mengaitkan dengan kejadian yang sedang terjadi didaerah Bpk/Ibu. Misalnya di daerah Bpk/Ibu sedang pemilihan Presiden, Cobalah untuk menerapkan percobaan pemilihan presiden tiruan untuk siswa-siswi Bpk/Ibu di kelas. Contoh diatas bisa Bpk/Ibu terapkan untuk pelajaran matematika materi statistik/peluang atau pelajaran ekonomi atau bahasa indonesia. Tergantung materi nya. Bisa juga, dengan menambahkan tampilan gambar dari calon, membuat spanduk kampanye, dan jadwal kampanye.
  3. Buat kegiatan matematika menggunakan pengalaman kehidupan nyata. Misalnya dengan menggunakan “Jajanan favorit” kemudian buatlah grafik. Kemudian Libatkan siswa untuk membahas hasil. Berapa banyak siswa yang terdaftar dengan Snack favorit yang sama? Apa nama kelompok jajanan favorit mereka? Apa makanan ringan paling favorit anak-anak?
  4. Coba terapkan pembelajaran role-playing. Gunakan alat peraga dalam pembelajaran untuk pembelajaran bahasa indonesia misalnya materi drama, kemudian contohkan kata-kata atau kalimat yang baik dalam drama tersebut menggunakan alat peraga.
  5. Bantu siswa Bpk/Ibu untuk menjadi pendengar aktif dalam pembelajaran. Ketika Anda membaca buku didepan siswa, berhenti sejenak dan bertanya mengapa hal ini bisa terjadi? Atau, apakah Anda berpikir buku akan berakhir seperti ini? Mengapa atau mengapa tidak? Siapa karakter favorit Anda?
  6. Buat waktu belajar diperpanjang tanpa mereka sadari. Saya beserta siswa kadang-kadang sering mengalami jam pelajaran lain terpakai tanpa kami sadari, hal ini ketika siswa betul-betul menikmati pembelajaran, berikan mereka semacam permainan dalam pembelajaran. Untuk Bahasa indonesia, Misalnya materi Membaca puisi cobalah untuk menggunakan gambar visual. Kemudian ajak siswa untuk menggambar terinspirasi oleh puisi.
  7. Mengajak siswa bermain peran. Dalam materi drama pelajaran bahasa indonesia. Ajak lah siswa untuk untuk berpura-pura menjadi sopir taksi, pilot pesawat, tukang pos, dokter, perawat, atau pembantu masyarakat lainnya lengkap dengan pakaian yang telah disiapkan sehingga siswa akan lebih terinspirasi dan serius dalam memerankannya.
  8. Buatlah kegiatan yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Gunakan analisis dalam memberi tugas kepada siswa. Beritakan tugas kepada siswa dengan memecahkan tugas-tugas tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, apa langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat selai kacang? Gunakan keterampilan agar berpikir lebih tinggi dari siswa dengan meminta setiap siswa untuk berkontribusi satu bahan untuk membuat selai kacang kemudian suruh analisis pengaruh setiap bahan yang dibawa terhadap pembuatan selai kacang.
  9. Libatkan siswa dalam kegiatan penemuan. Misalnya pelajaran IPA, Bagaimana bumi berputar, bagaimana awan terbentuk dan lai sebagainya.
  10. Terapkan pembelajaran kooperatif dikelas. Banyak sekali metode pembelajaran kooperatif yang bisa Bpk/Ibu pakai tergantung pelajaran dan materinya.

Intinya seorang guru harus lebih kreatif dalam menghidupkan suasana kelas, jangan menyerah dengan keadaan. Seorang guru akan lebih dihargai dan dihormati oleh siswa karena ilmunya, akhlaknya, pendekatannya bukan karena tampangnya. Pelajaran tertentu menjadi favorit bagi siswa karena beberapa hal, diantaranya karena guru nya mampu menjadi guru favorit untuk siswa nya, sehingga siswa pun senang mengikuti pelajarannya. Banyak cara Untuk menjadi guru favorit bagi siswa, selengkapnya silahkan baca artikel ini

Cara yang saya paparkan diatas adalah sebagian dari cara-cara yang pernah saya atau teman-teman saya lakukan. Hal itu tidak tidak tertutup kemungkinan ada yang sesuai dengan kondisi kelas atau sekolah Bpk/Ibu atau bisa jadi tidak sesuai dengan begitu Bpk/Ibu bisa mencari solusi lain sehingga tujuan pembelajaran aktif tetap akan tercapai. Yang harus diingat adalah untuk membuat cara-cara yang saya paparkan diatas efektif adalah dengan memastikan kegiatan pembelajaran harus terkait dengan tujuan pembelajaran.

Moga bermanfaat

 

2 thoughts on “10 Cara membuat suasana kelas aktif dalam pembelajaran

  1. rony says:

    Do you have something more visual with the tips for English subject, Sir?.

    1. Blanker says:

      not yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website