Saya percaya kita semua pernah mengalami, menemukan siswa yang tidak termotivasi belajar sama sekali. Siswa seperti ini tidak peduli dengan nilai mata pelajarannya, tidak peduli nilai akhir rapor.

Ketika guru menemukan siswa yang tidak termotivasi untuk belajar seperti itu, disaat inilah siswa sangat membutuhkan kehadiran Anda, tugas kitalah sebagai guru harus membantu mereka melewati permasalahan ini. Berbeda dengan cara meningkatkan minat membaca, motivasi belajar lebih besar lagi permasalahannya. Ketika siswa tidak termotivasi belajar maka proses pembelajaran dikelas pun jadi tidak aktif. Baca bagaimana cara membuat suasana kelas aktif dalam pembelajaran

Anda akan merasakan kebanggaan yang luar biasa ketika berhasil merubah siswa seperti ini, disaat anda mengenang masa-masa itu Bpk/Ibu pasti akan tersenyum sendiri mengenangnya. Rasanya “penuh kebanggaan, kepuasan dan kebahagiaan”.

Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa tip dan teknik untuk mengubah siswa yang tidak termotivasi belajar menjadi siswa yang termotivasi belajar (untuk fungsi motivasi belajar lihat disini) dari hasil pengalaman sendiri dan sharing teman-teman guru yang lain.

berikut ini saya tulis cara meningkatkan motivasi belajar siswa dan anak:

1. Berkaitan dengan siswa dan anak

Cara Meningkatkan motivasi Belajar Siswa dan Anak yang pertama yaitu menjalin persahabatan dengan mereka. Cobalah untuk selalu berhubungan baik dengan siswa dengan cara ikut memahami dan peduli dengan tulus pada mereka. Peduli kepada siswa bukan hanya dengan memberikan materi pelajaran dikelas setiap hari. Hal lain yang sangat penting adalah punya kedekatan secara emosional dengan merekan yaitu Dengan meluangkan waktu untuk benar-benar mengenal setiap siswa, Ajaklah mereka untuk berkomunikasi secara empat mata dengan mereka, dengan bertanya gimana keadaan keluarga, apa kegiatan sepulang sekolah, apa permasalahan yang sedang dihadapi dirumah. Memang hal ini tidak akan mudah mereka menyampaikan secara terbuka kepada kita tetapi dari penilaian seorang siswa guru tersebut betul-betul peduli dengan dia, lama kelamaan siswa ini akan terbuka dengan guru tersebut. Hal iIni adalah pengiriman sinyal kepada meraka bahwa Anda betul-betul peduli dan menghargai mereka. Ketika siswa merasa dihargai, itu memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras, dan berbuat lebih baik.

2. Mintalah mereka membayangkan Masa Depan Finansial mereka

masa depanCara Meningkatkan motivasi Belajar Siswa dan Anak selanjutnya yaitu membantu menemukan masa depan finansial mereka. Setiap siswa pasti menyukai “sesuatu,” Play station, Handphone bermerek, iPhone, TV, Sepeda motor dan sebagainya. Cobalah dikelas, untuk
membayangkan dan menulisnya dikertas keinginan mereka di masa depan, Tunjukkan bahwa untuk mendapatkan barang-barang yang ditulis mereka, mereka harus bekerja keras dalam belajar. Bahkan murid yang paling tidak termotivasi pun ingin membayangkan bahwa mereka akan tinggal di rumah yang bagus, dan memiliki banyak hal yang tidak mereka miliki sekarang. Pastikan siswa memiliki visi yang jelas dalam menjalani hidup mereka. karena dengan memiliki ini siswa akan mempunyai target dalam mencapai sesuatu. Berikan mereka contoh dan fakta-fakta agar mereka lebiha percaya dan meyakini dengan cara itulah masa depan akan lebih baik. Contoh yang bisa Bpk/Ibu berikan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpendidikan hidup lebih lama, dan memiliki kesempatan lebih baik untuk menemukan pekerjaan. Contoh kan saja para ilmuan kita kira-kira mereka kenal, Seperti Bj. Habibi, Sukarno, masih banyak yang lain anda bisa berfikir sendiri pastinya. Bagi siswa memberikan contoh nyata merupakan hal terbaik untuk memotivasi mereka belajar

3. Memberikan Pemahaman tentang belajar itu berkelanjutan.

Banyak siswa yang tidak termotivasi karena tidak benar-benar memahami fakta bahwa dengan gagal melakukan tugas yang diberikan akan memberi dampak tidak bisa menyelesaikan tugas selanjutnya. Sebagai contoh yang lebih mudah, Misalnya jika siswa tidak belajar bagaimana menambahkan, bagaimana mereka akan belajar pengurangan, perkalian, pembagian? bicarakan kepada mereka betapa pentingnya ilmu yang dipelajari, begitu juga dengan tugas yang diberikan dan jelaskan kepada mereka dampak yang akan terjadi pada masa depan mereka jika mereka tidak belajar dengan sungguh-sungguh. Berikan perumpamaan yang sederhana, Misalnya, “Jika Anda tidak belajar matematika, bagaimana Anda bisa menulis cek dan membayar tagihan Anda?”

4. Coba buat perbandingan antara mereka dengan siswa lain

Memang ini bukanlah hal yang mudah, karena bisa jadi kalau salah penyampai siswa bisa mendapat pemahaman salah tergantung pada pemikiran dan penerimaan siswa, oleh karena itu patut kita sampaikan bahwa perbandingan ini bukan untuk merendahkan mereka tetapi untuk memotivasi bagaimana beruntungnya punya kehidupan yang lebih baik. Tegaskan bahwa teman sebayanya bisa mendapatkan akses ke sekolah yang lebih baik, atau pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi. Dengan melakukan ini, siswa yang tidak termotivasi bisa termotivasi hanya karena fakta nya ada didepan mereka.

5. Meningkatkan Motivasi dengan memberi Pilihan kepada Siswa

Berikan keleluasaan untuk menentukan pilihan “untuk belajar atau tidak” kepada siswa Anda, dan berikan mereka merasakan sendiri kebutuhan belajar dengan sendirinya. Ada contoh yang paling sederhana, kita tidak sanggup menahan seseorang untuk menentukan pasangan hidupnya  tetapi yang bisa kita lakukan memberikan pemahaman-pemahaman bagaimana prilaku atau sikap suami atau istri yang baik sehinggap anak bisa menentukan sendiri apakah orang itu pilihan yang tepat baginya. Dengan membiarkan siswa yang tidak termotivasi untuk memiliki pilihan, tetapi diiringi dengan dorongan pemahaman dari guru dan orang tua dengan sendirinya anak akan berfikir sendiri untuk menentukan pilihan terbaik buatnya.

6. Bersama siswa Buatlah tujuan yang ingin dicapai meraka

Terowongan MotivasiCara Meningkatkan motivasi Belajar Siswa dan Anak yang selanjutnya yaitu membuat tujuan dalam kehidupan siswa. Tidak semua orang punya tujuan dalam hidup, begitu juga dengan siswa. Tanpa tujuan bagaimana mereka bisa tau apa yang harus dicapai. Oleh itu sangat
baik bagi kita mendorong mereka sehingga punya tujuan hidup. Apabila ada siswa yang tidak percaya bahwa mereka dapat mencapai suatu tujuan, Maka siswa itu akan menjadi orang pesimis, hal ini sangat tidak baik untuk motivasi belajar. Berikan mereka semangat, tapi jangan yang lebay, karena hal ini malah jadi bomerang baginya. Anak biasanya suka ditantang, Saya berikan contoh “sapa yang berani melewati Jembatan Gantung di Jam 12 Malam akan diberi hadiah” Siswa yang tahu bahwa di jembatan itu ada lampu atau penerangan maka dia akan mengambil tantangan itu. Begitu juga dengan belajar, siswa yang merasa dia mampu memahami suatu materi maka dia akan tertantang memahami keseluruhan materinya. Saya punya kata-kata yang saya kutip dari teachhubcom *The person will like to be challenged, but only if they can see the light at the end of the tunnel.*. Sampaikan kepada mereka, untuk jangan takut untuk punya sebuah tujuan selama tujuan itu benar-benar akan mampu mereka jangkau.

7. Temukan Motivasi yang ada dalam diri siswa

Saya sangat senang dengan anda membaca artikel ini hingga tuntas, artinya anda benar-benar seseorang yang ingin membantu siswa Anda termotivasi untuk belajar. Tapi, Anda tidak akan selalu ada untuk memotivasi mereka setiap saat. Cara lainnya adalah dengan anda menggali dari siswa itu sendiri, hal apa yang bisa membuat dia termotivasi untuk belajar. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah membantu mereka menemukan motivasi pribadi mereka dan itu ada pada setiap siswa. Anda bisa mendapatkan itu, apabila anda dekat dengan siswa tersebut dan membicarakan apa yang membuat mereka berhasil, dan menggunakan informasi itu jalan untuk membuat mereka termotivasi. salah satu contoh nya, bisa karena ingin membahagiakan orang tua, orang yang disayanginya atau bahkan ingin punya barang tertentu.

Paparan saya diatas adalah hanya sebagian dari cara memotivasi belajar, apabila anda punya tips lain berbagilah dengan kami di kolom komentar di bawah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website