Mungkin anda pernah mengalami kekesalan karena ada sesuatu yang sudah pernah anda baca atau sudah dipelajari dan kuasai hilang begitu saja dalam pikiran anda. Banyak faktor yang menyebabkannya anda susah mengingat apa yang sudah anda pelajari. Dibawah ini saya akan paparkan hal-hal apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengurangi hal itu. Dan saya percaya apabila hal dibawah ini anda terapkan secara konsisten akan berdampak perubahan hingga 95%.

Langsung saja!!!!

1. Pastikan Anda makan makanan bergizi setiap hari:

Untuk mempertahankan dalam ingatan apa yang kita baca, membutuhkan pikiran dan tubuh
yang sehat. Pikiran dan tubuh yang sehat akan didapat dari makan makanan yang tepat. Ketika tubuh kita ingin menggunakan pikiran dengan maksmal
karena kekurangan gizi maka pikiran kita akan gagal untuk berfungsi dengan baik. Mungkin kita pernah merasakan disaat kita lagi membutuhkan otak dan pikiran tetapi seolah tubuh kita menolak untuk menyerap hal ini ada pengaruhnya dari makanan yang kita makan. Kalau anda bingung makanan apa yang merupakan makanan sehat, ada baiknya anda berkonsultasi dengan ahli gizi

2. Banyaklah minum air mineral:

Pernahkah anda nonton iklan “A..UA”? tidak fokus dikarenakan kekurangan air mineral, dalam iklan itu sebetulnya adalah hal yang benar. Cuma tidak mesti kita minum air “A..UA” untuk memenuhi air mineral. karena terlalu sibuk dengan pekerjaan banyak orang lupa minum air putih padahal Para ahli menyarankan kita harus minum minimal 8 gelas air sehari. Kita harus mengetahui bahwa Tubuh kita terdiri dari 70% air maka jika kita kekurang air fungsi tubuh tidak berjalan dengan sempurna. Jadi tidak mungkin mempertahankan apa yang kita baca dalam otak kalau tubuh kita kekurangan air.

3. Berolahraga lah dengan teratur:

Selain memakan makanan yang tepat anda juga dianjurkan untuk berolah raga secara teratur. Dengan berolah raga bukan hanya tubuh kita yang sehat tapi membuat pikiran juga sehat. Logikanya ketika tubuh dan pikiran sehat maka akan melahirkan pemikiran dan daya ingat yang sehat. Berolah ragalah setidaknya 2 kali seminggu.

4. Jangan Pernah Memakai doping/narkoba:

Sekarang ini kita sering menjumpai orang karena menghadapi berbagai macam permasalahan dalam kehidupannya kemudian menjadikan narkoba sebagai pelampiasannya dan mereka percaya bahwa cara terbaik untuk menghadapi semua persoalan adalah dengan memakai narkoba. Bahkan banyak para figur publik yang terjerat dengan narkoba. Merokok adalah sesuatu yang buruk bagi anda, akan tetapi memakai narkoba jauh lebih buruk. Setelah Anda mulai mengkonsumsi narkoba Anda pasti akan ketagihan kemudian Anda tidak dapat fokus pada hal lain kecuali narkoba. pikiran Anda akan terus berpikir tentang bagaimana cara untuk mendapatkan lebih banyak lagi pada hari berikutnya. Sehingga tidak akan peduli orang berkata atau berfikit buruk untuk anda. Anda berada di bawah kendali/kontrol barang terseut untuk mengingat apa yang telah Anda baca atau melakukan aktifitas. hindari pikiran anda dari mengkonsumsi narkoba.

5. Membacalah dengan perlahan:

Dari pada anda membaca dengan terburu-buru dan dalam keadaan tergesa-gesa, lebih baik anda membaca secara lambat untuk mempertahankan apa yang telah anda baca. Jika Anda membaca dengan cepat, kemungkinan anda akan melewati hal-hal penting dari isi bacaan anda. Membaca cepat adalah bakat dalam dirinya sendiri tetapi tidak ada kemungkinan untuk mempertahankan dalam ingatan dari apa yang telah Anda baca. Walaupun itu akan menambah waktu anda tapi akan lebih baik karena anda dapat mempertahankannya dalam ingatan dalam waktu yang lama.

6. Pahami isi bacaan yang sedang anda baca:

Untuk mempertahankan dalam ingatan apa yang telah kita baca hingga Anda harus memperhatikan dan memahami segala sesuatu yang Anda baca. Bahkan apabila dalam satu halaman terdapat satu kata yang tidak anda mengerti, Anda harus membuat sebuah tanda untuk melihat pengertiannya ditempat lain. Dengan begitu Anda akan belajar hal-hal baru dan juga akan mengingat apa yang telah Anda pelajari secara sempurna.

7. Pastikan suasana tempat anda belajar dalam keadaan kondusif:

Jika anda bertujuan mempertahankan dari apa yang Anda telah membaca dalam ingatan maka Anda harus memastikan bahwa Anda membaca dalam suasana yang kondusif untuk membaca dan belajar. Jika ada suara disekeliling anda yang mengganggu anda membaca maka tidak mungking untuk anda mempertahankannya dalam waktu yang lama. Dari pada anda membaca di bus atau dijalan, lebih baik temukan satu tempat yang nyaman untuk anda membaca.

8. Cobalah untuk sesekali untuk melakukan meditasi:

Meditasi adalah sesuatu yang memiliki banyak manfaat untuk membantu menenangkan pikiran anda ketika membaca. jika Anda memiliki waktu cobalah untuk melakukannya dan rasakan manfaatnya. Pernahkah anda dengar orang-orang meningkatkan kehidupan Anda mereka dengan yoga. Yoga adalah meditasi yang mana banyak orang telah merasakan manfaatnya, jadi jangan takut untuk mencobanya.

9. Cobalah Lakukan teka-teki silang:

Jika Anda ingin mempertahankan ingatan dari apa yang telah Anda baca maka Anda perlu melakukan hal-hal yang akan menjaga pikiran Anda sehat dan penuh perhatian. Salah satu hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan teka-teki silang. Ada banyak teka-teki yang tersedia secara online atau anda juga bisa membelinya dikios, harganya pun lumayan murah paling sekitar 2000 s/d 5000 rupiah. Teka-teki silang ini bukanlah untuk menghabiskan seluruh waktu anda, tetapi mengisi waktu beberapa saat agar pikiran anda tetap terjaga dan sehat. Jadi coba lakukan setidaknya satu atau dua teka-teki hari, jika Anda ingin pikiran Anda berada di puncak permainan untuk beberapa tahun yang akan datang.

10. Hindari membuang-buang waktu melalui media sosial:

Media sosial memang perlu, tapi jangan menggunakannya terlalu lama sehingga waktu anda terbuang sia-sia. Saat ini banyak orang membuang begitu mereka melalui online atau di media sosial. Waktu mereka terbuang selama berjam-jam dengan sia-sia. Jadi untuk menghindari pikiran Anda dari menjadi begitu malas itu selalu merupakan ide yang baik untuk menghindari media sosial sebanyak yang Anda bisa. Kami hidup dalam zaman di mana teknologi adalah bagian besar dari kehidupan kita tapi yang pasti tidak berarti bahwa Anda membiarkannya menguasai setiap aspek kehidupan Anda pada setiap tingkat.

Jangan lupa dishare kalau anda anggap bermanfaat

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website