PPG BERSUBSIDI REGULER 2017

Sudah lama diwacanakan akhirnya keluar juga pengumuman resmi PENDAFTARAN PPG bersubsidi reguler 2017

Alhamdulillah Pada tahun 2017 ini Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristek Dikti telah membuka program PPG bersubsidi untuk PPG umum dan PPG SMK Kolaboratif. Inilah yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan guru di Indonesia termasuk saya pribadi karena banyak diantara teman-teman kami yang belum sertifikasi. Dengan ini sudah ada alternatif lain untuk sertifikasi guru, walaupun dengan beberapa syarat yang telah ditetapkan

Dengan ada pengumuman ini, bagi Bpk/Ibu yang belum sertifikasi sudah bisa bersiap-siap untuk mendaftar. Pendaftaran akan mulai dibuka secara online melalui  http://ppg.ristekdikti.go.id mulai tanggal 8 sampai dengan 18 Mei.

Kemudian informasi yang menyejukkan lagi adalah adanya bantuan biaya bantuan dari Pemerintah maksimal sebesar Rp 7.500.000/smt/orang dalam mengikuti PPG ini. Peserta hanya akan menanggung Biaya hidup, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti PPG. Hal ini berbeda dengan informasi diawal tahun 2015, yang mana saat itu ada wacana PPG atau sertifikasi akan ditanggung sepenuhnya oleh peserta.

Ada 16 program studi yang dibuka, kebanyakan program studi SMK, hal ini wajar karena banyak tenaga profesional guru yang kurang dibidang studi ini. Berikut dibawah ini program studi yang dibuka.

DAFTAR PROGRAM STUDI & PROGRAM KEAHLIAN PPG REGULER 2017 YANG DITERIMA

No Nama Program Studi/Keahlian
1 Teknik Otomotif
2 Agribisnis Produksi Tanaman
3 Teknik Mesin
4 Teknik Elektronika
5 Teknik Ketenagalistrikan
6 Kepariwisataan
7 Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan
8 Agribisnis Produksi Ternak
9 Teknologi Penangkapan Ikan
10 Teknik Kimia
11 PGPAUD
12 PGSD
13 PLB
14 Pend Matematika
15 Pend. Bahasa Inggris
16 PJOK/PJKR

 

ALUR SELEKSI PPG BERSUBSIDI REGULER 2017

Untuk Alur seleksi juga tahapannya yang dimulai dari Seleksi peserta dari data PD DIKTI, BAN PT, GTK, kemudian baru dimasukan dalam data Aplikasi PPG atau yang disingkat (APPG). untuk lebih jelasnya tentang alur seleksi silahkan lihat gambar dibawah ini:

ALUR SELEKSI PPG REGULER 2017

Nah, ini hal yang sangat penting, yaitu persyaratan mengikuti program PPG umum dan PPG SMK Kolaboratif. Yang pertama anda harus Lulusan S1/D4 dari prodi terakreditasi minimal B. Kemudian usia maksimal 28 dan lain-lain, selengkapnya silahkan liat dibawah

PERSYARATAN PESERTA PPG BERSUBSIDI REGULER 2017 

  1. Lulusan S1/D4 dari PT dengan AIPT minimal B dan dari prodi terakreditasi minimal B;
  2. Berusia maks 28 tahun pd tgl 31 Desember tahun pendaftaran;
  1. Prodi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG;
  2. Calon terdaftar pada PDDIKTI;
  3. IPK minimal 3,00;
  4. Bebas Napza, (SK BNN atau yang berwenang);
  5. Sehat jasmani (SK dari dokter rumah sakit pemerintah);
  6. Sehat rohani (SK dari dokter rumah sakit pemerintah);
  7. Berkelakuan baik (SK Kepolisian); dan
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama PPG (surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa).

PROGRAM PPG REGULER BERSUBSIDI

Seleksi Administrasi PPG SMK Kolaboratif

  1. Borang isian pendaftaran calon peserta yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar latar belakang putih;
  2. Foto kopi ijazah S1/DIV yang sudah dilegalisir oleh Perguruan Tinggi asal dengan bidang keahlian, seperti ditunjukkan pada Tabel 2;
  3. Fotocopy Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh sekolah asal;
  4. Surat pernyataan kesediaan mengikuti pendidikan sesuai peraturan yang berlaku dan kesediaan ditempatkan sesuai dengan tempat penugasan yang telah ditetapkan;
  5. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter;
  6. Surat keterangan bebas napza dari instansi yang berwenang;
  7. Calon mahasiswa mendaftar untuk program keahlian yang ditawarkan sesuai dengan latar belakang program studinya, seperti ditunjukkan pada Tabel


T
abel Program Keahlian dan Lulusan Prodi S1/D-IV

No PROGRAM

KEAHLIAN

Lulusan Program Studi S1/D-IV
1. Teknik

Otomotif

Teknik otomotif

Pendidikan Teknik Otomotif

Pendidikan Teknik Mesin Konsentrasi Otomotif

Teknik Mesin Konsentrasi Otomotif

2 Agribisnis

Produksi

Tanaman

Produksi Benih

Teknologi Produksi Tanaman Pangan

Budidaya Tanaman Perkebunan

Manajemen Agro Industri

Agribisnis Hortikultura

Manajemen Produksi Pertanian

Rekayasa Agro Teknologi

Manajemen Perkebunan

Agro Teknologi

Agronomi

Pemuliaan Tanaman

3 Teknik Mesin Pendidikan Teknik Mesin

Teknik Mesin

Teknik Mesin Konsentrasi Produksi

Teknik Mesin Konsentrasi Perawatan

Teknik Mesin dan Manufaktur

Perancangan Manufaktur

Perawatan dan Perbaikan Mesin

Teknik Mesin Konsentrasi Metalorgi

Teknik konversi energi

Teknik Pengelasan

4 Teknik

Elektronika

Teknik Elektronika

Pendidikan Teknik Elektronika

Teknik Elektro

Teknik Telekomunikasi

Teknik Mekatronika

Teknik Robotika

Teknik Kendali

Teknik Elektronika Industri

Pendidikan Teknik Elektro

Teknik Instrumentasi dan Kontrol

Teknik Elektro Industri

5 Teknik

Elektro/

Ketenagalistr

ikan

Teknik Elektro

Pendidikan Teknik Elektro

Teknik Otomasi Industri

Teknik Listrik

Teknik Kendali

Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Sistem Pembangkit Energi

No PROGRAM

KEAHLIAN

Lulusan Program Studi S1/D-IV
6 Kepariwisataan Pariwisata

Manajemen Perhotelan

Usaha Perjalanan Wisata

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (KK)/Tata

Boga

Akomodasi Perhotelan

Manajemen Pariwisata

Manajemen Destinasi Wisata

MICE (Meeting Invention Converence and

Exhibition)

Pengelolaan Usaha Rekreasi

7 Agribisnis

Pengolahan Hasil

Pertanian dan

Perikanan

Teknologi Pertanian

Teknologi Rekayasa Pangan

Agribisnis Pangan

Teknologi Hasil Perikanan

Gizi Klinik

8 Agribisnis Produk Ternak Peternakan

Kedokteran Hewan

Reproduksi Ternak

Agribisnis Peternakan

Nutrisi Makanan Ternak

Manajemen Bisnis Unggas

Sosial Ekonomi Peternakan

Teknologi Hasil Ternak

Teknologi Pakan Ternak

Produksi Ternak

9. Teknologi

Penangkapan Ikan

Teknologi Penangkapan Ikan

Perikanan

Mesin kapal Perikanan

Teknik Perkapalan

Teknik Kelautan

Kemaritiman

Ilmu Kelautan

Manajemen Sumber Daya Perikanan

Pemanfaatan Sumber Daya Perairan

10. Teknik Kimia Teknik Kimia

Kimia Industri

Analisis Kimia

Teknologi Rekayasa Kimia Industri

Teknologi Rekayasa Kimia Polimer

JADWAL PENDAFTARAN PPG BERSUBSIDI REGULER 2017

  1. Pendaftaran akan dilakukan secara online di: http://ppg.ristekdikti.go.id
  2. Tanggal mulai Pendaftaran dari 8 s.d. 18 Mei 2017
  3. Tanggal Seleksi administrative dimulai dari 12 s.d 19 Mei 2017
  4. Pengumuman lulus seleksi administratif 20 Mei 2017
  5. Tes seleksi online (Tes Potensi Akademik, Tes Bidang Studi, Tes Kemampuan Bahasa Inggris) 22 s.d 24 Mei 2017
  6. Tanggal Pengumuman tes pada 25 Mei 2017
  7. Seleksi minant bakat dan keperibadian (dalam bentuk tes online) 29 s.d 30 Mei 2017 utau kemungkinan waktunya bersamaan dengan tes online utama.
  8. Pengumuman Final kelulusan pada tanggal 1 Juni 2017
  9. Jadwal mulai kuliah 5 Juni 2017

Selanjutnya silahkan baca artikel Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Saat Pendaftaran PPG Bersubsidi

Demikianlah informasi ini yang kami kutip dari http://ppg.ristekdikti.go.id mudah-mudahan bermanfaat

silahkan klik fans page untuk mendapatkan info updatenya

kalau ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah akan saya jawab menurut pemahaman saya, dalam artian tidak 100% pasti

Seandainya pertanyaan bpk/ibu blm saya jawab ada 2 kemungkinan, 1 saya belum ada informasi tentang itu, 2. saya belum punya waktu buka blog.

87 thoughts on “PENDAFTARAN PPG BERSUBSIDI REGULER 2017 DIBUKA

  1. Anonim says:

    Aslmukum pak, sya mau bertanya. Apakah ppg reguler ada yg tanpa subsidi pak? Jika ada yg ingin mendftar tpi terhalang di slah stu syarat yaitu bersedia tidak menikah. apakah ada solusinya

    1. admin says:

      alaikumsalam. kalau yg reguler non subsidi belum ada pengumuman resmi bu,
      tapi saran saya sebaiknya ibu coba tanyakan lagsug ke kampus pelaksana PPG terdekat mana tau ada solusi.

  2. Ayu says:

    Apakah lulusan Kimia MIPA minat Kimia Industri bisa ikut program ini ya Pak?

    1. admin says:

      kalau menurut pemahaman saya nampaknya bisa bu. Memang tidak ditulis jurusan MIPA kimia,
      tapi ibu kan jurusan kimia industri? saya rasa gak ada salahnya untuk ibu mendaftar terlebih dahlu.

      1. Ayu says:

        Saya prodinya juga kimia Pak, tapi minat keahliannya ke kimia industri.. Saya berharap semoga bisa mendaftar program ini.. Setahu saya di Indonesia untuk analis kimia, kimia industri dan yg disebutkan dibawahnya itu sepertinya lulusan D3 ada, untuk yg S1/D4 masih jarang bahkan tidak ada Pak..

  3. Mia says:

    Saya jurusan Pendidikan biologi, kira2 bidang yang linear dengan latar belakang saya apa?

    1. admin says:

      spertinya, biologi gk ada bu

  4. susi says:

    Pak sy mau tanya yg jurusan fisika tdk ada ko?
    Mksh

    1. admin says:

      blm thn ini bu

  5. karrang says:

    Sy jurusan pendidikan bhs Indonesia, dan sudah menikah. Apa bsa sy ikut?

  6. Okta Santika says:

    Apakah program in ditujukan untuk PNS / yang non PNS?

    1. admin says:

      sepertinya ndak bu, kan gk ada syarat hrs pns

  7. erman primadi says:

    pak…kalo jurusan agribisnis saja bisa ikut pak ??…

    1. admin says:

      dicoba saja pak, drpd nyesal nntinya.

  8. yulia says:

    maaf sebelumnya pak, dari informsi yang didapatkan, apakah hanya jrusan yang disebutkan diatas saja diPPG, bagaimana dengan jurusan yang lain, apakah boleh mengikuti PPG??

    1. admin says:

      sepengetahuan saya, sementara jurusan diatas yg diterima.
      tp gk ada salahnya ibu coba daftar online terlbh dhlu, krn seleksinya brthp.
      paling tidak ada pengalamn ibu nntinya

  9. Dea says:

    Kira2 bisa gak yah klo background Pendidikan Fisika bilingual mendaftar pendidikan bahas inggris, krn dlu pengantarnya pake bhs inggris, apa lebih baik coba daftar kependidikan mtk krn sma2 mipa?

    1. admin says:

      Tetap dilihat dr backgroud ijzahnya. Gk da salhnya ibu coba daftar trlbh dhlu.

  10. Anna says:

    Assalamualaikum, mohon bantuannya karna saya baru saja lulus belum begitu paham tentamg ppg pak. Saya jurusan pgsd. Kalau ppg reguler bersubsidi ini akan dilaksanakan dimana saja ya pak ? Dan apakah akan sampai penempatan luar jawa begitu? Berapa lama si pak kalau proses kuliah ppg ini ? Terima kasih pak, mohon bantuannya

    1. admin says:

      alaikumslm. ini baru proses pendftran.
      untuk informs slnjtnya akan saya update nntinya

      1. Anna says:

        Terima kasih pak, sangat membantu sekali.. Di tunggu untuk informasi selanjutnya

      2. Dewi says:

        Assalamualaikum pak,apakah ada pembukaan ppg reguler untuk bulan november 2017 pak?

        1. Blanker says:

          ada, tp mnrt pengalaman teman, kemaren undangannya masuk ke akun sim PKB. Jd coba ibu cek.

  11. nn says:

    Info tersebut sumbernya dari mana ya? Saya buka di web dikti blm ada informasi tersebut.
    Disitu tertera pendaftaran di mulai tgl 8 mei. Sekrang sudah tanggal 8mei tp masih blm bisa mendaftar. Sebelumnya terimakasih untuk penjelasannya

    1. admin says:

      http://ppg.fkip.unsyiah.ac.id/index.php/2017/05/06/belmawa-buka-seleksi-ppg-bersubsidi/
      dan msh bnyk lg kampus yg sudah mmbuat pengmman. ibu searching aja

      1. nn says:

        Tapi itu kan yg mengadakan dari ristek dikti. Kenapa di web dikti blm ada ya pak?
        Sekarang sudah tgl 9 pun blm bisa mendaftar… gmna ya itu?

        1. Wendi says:

          Kita berdo’a aja pak/bu semoga dilancarkan urusan dan keinginan kita untuk mengikuti program PPG ini Aamiin .

          1. admin says:

            amin, saya doakan untuk bpk ibu semua smoga lancar.

  12. afrida says:

    APakah sudah ada yang bisa mndaftar online? Saya buka lamannya tapi blm bisa. Kenapa ya?

    1. nn says:

      Blm bisa mendaftar sepertinya. Di web pendaftran masih tulisannya. Pendaftaran segera di buka

  13. vita says:

    pak masih belum dibuka ya pendaftarannya?

  14. erna says:

    assalamu’alaikum pak,,,
    maaf ada yang ingin saya tanyakan, saya lulusan pgsd, kemudian di persyaratan ppg reguler bersubsidi ada yang UMUM dan ada yang PPG SMK KOLABORATIF.
    kalau saya mau ikut, persyaratan yang harus saya siapkan masuk persyaratan mana ya??
    terima kasih sebelumnya..

  15. Wiwit says:

    Assalamualaikum,mau tanya klo biaya ppg nya berapa?

    1. admin says:

      diatas udah saya tulis bu

  16. dian says:

    assalamu’alaikum pak…
    kalo surat keterngan sehat, dimintanya ket sehat jasmani dan ket sehat rohani.. jadi pke 2 SK ya pak?
    trus bisa gk ambl SK dri puskesmas?

  17. ANITA GINTING S.PD says:

    perkuliahan nya bagaimana yah min?
    seperti saya honor di daerah yang jauh dari LPTK

    1. admin says:

      gk ngajar lagi disklah asal bu, slm mngikuti ini.

  18. ANITA GINTING S.PD says:

    sulit lah peluangnya untuk guru honor di daerah kabupaten yah min. sulit meninggalkan sekolah asal.

  19. aulia says:

    Assalamu’alaikum, saya lulusan PGPAUD dan ingin mendaftar PPG Bersubsidi. Di pengumuman dijadwalkan pendaftaran on line tanggal 8-18 Mei. Tapi sampai sekarang di websitenya kok pendaftaran akan segera di buka terus ya. Mohon informasi bagaimana cara pendaftarannya

    1. admin says:

      bbrti ada ketidaksiapan dr pihak dikti. yg pasti itu pengumuman mereka dan beberp kampus LPTK jg udah membuat pengumuman

  20. Eka sri astuti says:

    Apakah ad prog ppg utk Gr non linier yg blm sertifikasi? Makasih

    1. admin says:

      blm ada info bu

  21. Helmi says:

    Halo admin, saya masih bingung
    1.itu maksudnya ppg umum utk yg ijasahnya umun, utk ppg smk kolaboratif utk yg ijasahnya materi smk benarkah begitu?
    2.nah yg satu tertulis “persyaratan ppg bersubsidi” artinya persyaratan baik ppg umum ataupun ppg smk kolaboratif, betulkah? Sementara “seleksi ppg smk kolaboratif” artinya seleksinya hanya untuk ppg smk, lalu bagaimana dg seleksi ppg umum?
    Terimakasih atas responnya

    1. admin says:

      ini sy jwb spmhaman saya, artinya tidak mutlak benar, krn saya pun bkn disitu bekerja.
      1 dan 2 saya stuju dgn pak helmi.
      untuk seleksi PPG umum sama seperti seleksi ppg smk kolaboratif.
      hanya jurusannya saja, khusus untuk yg tercantum di atas,
      contoh:
      Pendidikan matematika, (apakh boleh mipa mtk? sy rasa gk krn ada tercntum pendidikan mtmk)
      Pendidikan Bhs Inggris, (apkh blh sastra ingris? kss nya sm sprti diats}
      pjok
      pgsd,
      skli lg ini hnya pmkran sy (kebenrnnya tidak mutlak)

      1. Helmi says:

        Trimakasih atas responnya,
        1. Kalau sama, berarti persyaratan ppg bersubsidi juga mengikutkan “Surat pernyataan kesediaan mengikuti pendidikan sesuai peraturan yang berlaku dan kesediaan ditempatkan sesuai dengan tempat penugasan yang telah ditetapkan;”(poin d pada ppg smk) mengingat pada persyaratan ppg bersubsidi tidak tercantum?
        2. Lalu surat pernyataan tersebut hanya dittd oleh kita sendiri ya admin tanpa materai (karena tdk dicantumkan?

  22. saya tamatan bhasa inggris apakah ad jurusanx untuk itu??

    1. admin says:

      jurusan yg dibuka udah saya tulis diatas,
      coba ibu liat kembali

  23. rizky says:

    ass pak saya lupa paswod ya, itu gimana ya pak?

    1. admin says:

      krg pahm sy, mana tau ada kwn lain bisa bantu silahkan berbagi disini

  24. fitriana diah says:

    assamlkm , saya mau tanya, kalo ppg yang bersubsidi itu apa ada ikatan dengan pemerintah? terus proses kulaiahnya apakah full seperti kuliah umumnya?
    mohon infonya

  25. Anggun says:

    Maaf mau tanya, LPTK mana saja yg melaksanakan PPG bersubsidi? Apakah pelaksanaannya jadi berasrama? Subsidi dari pemerintah 7.500.000/smstr lalu yg ditanggung peserta PPG berapa?

    1. admin says:

      tukan pengumuman dari sosialisai risetdikti, artinya untuk smua LPTK
      prtnyaan slnjutnya baca diatas udah sy tulis

  26. arditadesty says:

    assalamualaikum pak
    untuk lokasi tes nya dimana saja pak?

    1. admin says:

      setelah mendaftar akan diberi tahu

  27. Arch says:

    ijazah saya belum di ambil. Tp saya punya skl. Apa tdk lolos administrasi??? Mohon pencerahannya

  28. Ita Purnamasari Syaiful says:

    Ssampai hari ini saya buka link pendftrannya tapi belum bisa mendaftar. Disitu hanya “pendaftran segera dibuka”.

    1. admin says:

      tapi kmrn udah ada bbrp kwn kita yg dah brhsl mndftr bu
      mgkn server nya penuh.

  29. Putu Diah Pramita Dewi says:

    Selamat pagi, saya mau bertanya untuk PPG ini waktu study nya berapa lama ya? Terima kasih

  30. Suci says:

    “maksimal sebesar Rp 7.500.000/smt/orang dalam mengikuti PPG ini. Peserta hanya akan menanggung Biaya hidup, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti PPG”.

    apakah ada kemungkinan biaya smt nya nanti melebihi bantuan subsidi?
    atau apakah kita nanti hanya memikirkan biaya hidup makan dan akomodasi saja?
    mohon infonya pak.

    1. admin says:

      info pastinya tntg brp biaya smstr nya blm ada,
      skrg yg pentg ibu mndftr dulu. nnt kalo informs sy update

  31. Siwi says:

    Apakah kuota yg diterima setiap PT berbeda?

    1. admin says:

      gk ada info tntg kouta bu.

  32. tantri febrina says:

    Pak mau bertanya,saya kan Jurusan Pendidikan Matematika S1.,,kan yang bapak share diatas ada Jurusan Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris.. Tapi di pendaftaran online PPG, di pilihan Nama Program Studi TIDAK ADA jurusan Pendidikan Matematika-nya,yang ada cuman S1 MATEMATIKA, tapi Pendidikan Bahasa Inggris ada pak.. Bagaimana dengan hal ini!!!????

    1. admin says:

      Hhmm ne blm bisa saya jwb bu, soalnya dr sosialisasi dikti pend. Matmtk bkn s1 mtmtk.

  33. vivi says:

    Sya jurusan sastra inggris non kependidikan apakah sya bsa mndaftar?

    1. admin says:

      Prtnyaan ibu udah ada pnjlsan saya di bawh. Tp coba aja mndftar kalo bisa brrti rejeki ibu

    2. Ayu says:

      Coba aja daftar Bu, kali aja rejeki, sy jg coba daftar..

  34. Fatimatuzzahro says:

    Assalamualaikum, jurusan Fisika kok gak ada di list? Mohon dong untuk ditambah jurusan Pendidikan Fisika

  35. Bayu Prakoso says:

    Assalamu’alaikum wr wb. Pak mohon maaf sebelumnya, saya ingin bertanya, mengenai apakah kita bisa tetap mengajar di sekolah apabila mengikuti PPG nantinya ? Terima kasih sebelumnya pak

    1. admin says:

      Alaikumsalam. Dibwh udh sy jwb prtnyaan ini. Coba bpk cek

  36. nadzirun says:

    Pak Admin : Ini kan saya daftar ujian ppg di UNJ apakah nanti penempatan program ppg di UNJ juga ?

    1. admin says:

      kalo jurusannya ada pltihan di UNJ, kemugkinannya ada

  37. Fitri Apriyani says:

    Punten saya mau tanya. saya sudah coba input data di tahap 1 pendaftaran ppg bersubsidi. Tapi keterangan disitu tanggal lahir tidak cocok padahal itu asli tanggal lahir saya. bagaimana ya solusinya biar bisa lanjut ke tahap selanjutnya. punten pencerahannya. terimakasih

    1. admin says:

      ada kemugkinan tgl lhr yg di forlap dengan yg mas masukan tdk cocok. krn tgl lahir di forlap dah gk bisa kita rubah,
      solusi dari saya coba cek diforlap tgl lahirnya kemudian masukan tgl lahir itu wkt pendaftaran

  38. Adi says:

    Malam.. mau tanya untuk tes tggal 22 dan strusnya smpai final harus mendatangi kampus yang dipilih atau setelah lolos? Trims

    1. admin says:

      nanti akan ada pemberitahuan dari dikti pak, jadwal jgn lp dicatat

  39. Ana says:

    Mnrut admin yg dibutuhkan SKCK dari polsek atau polres? Terima kasih

    1. admin says:

      dah ada penjelsan sya diartikel hal-hal yang harus diperhatikan saat pendaftaran. coba diliat link artikelnya dah saya sediakan diatas

  40. Anggi says:

    Maafmengganggu admin, saya mau tanya,skck yg dibutuhkan dari polsek atau polres?

    1. admin says:

      dah ada penjelsan sya diartikel hal-hal yang harus diperhatikan saat pendaftaran. coba diliat link artikelnya dah saya sediakan

  41. tika says:

    untuk yang baru lulus S1 atau fresh graduate bisa ikut mendaftar kah?

    1. admin says:

      Daftr aja kalo syrat mmnhi

  42. roziar says:

    Min, mau tanya.
    Jenis klamin saya kenapa laki2 dsna ya min.
    Trus utk SK sehat n bebas napza n SKCK yg lama tpi baru 7 blan msh bisa digunakan tidak ya min buat perlengkapan admin nya.
    Mhon dbantu.trima kasih min

    1. admin says:

      Surat baru aja bu

  43. nelda says:

    admin, bagaimana ini, saya sudah memasukkan data namun belum mengupload berkas, tetapi saya belum finalisasi,

    hari ini saya mau mengupload berkas, namun data sdh tidak bisa di edit, ;”(
    bagaimana ini, apakah ada solusi nya, mohon bantuannya, karna saya belum mengupload berkas sama sekali

  44. novita says:

    assalamualaikum, saya fresh graduate dengan program studi pendidikan b.indonesia , untuk mndftr ppg apakah harus menunggu prodi yg linear bahasa indonesia? makasih

    1. admin says:

      alaikum salam
      bener, hrs linier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website