Program pendidikan di sekolah dalam memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang
merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Implementasi PPK tersebut dapat berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat (keluarga dan komunitas). Dalam rangka mendukung kebijakan gerakan PPK, modul ini mengintegrasikan lima nilai utama PPK yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai religius memberikan kepahaman dan keyakinan bahwa setiap nikmat yang diterimanya, termasuk nikmat belajar, akan dimintai pertanggungjawaban.

Hal itu akan menjadi penghasung untuk mengoptimalkan usaha dalam belajar sehingga meraih hasil yang terbaik. Dampaknya, akan tumbuh dan berkembang sifat optimis, semangat tinggi dan jiwa kesabaran dalam menghadapi setiap permasalahan. Dengan mengingat bahwa setiap aktivitas belajar merupakan ibadah yang dipersembahkan kepada Allah, Dzat yang Maha Agung maka semua unsur yang menjadikan sukses dalam belajar akan diperhatikan, dipenuhi dan direalisasikan dengan optimal.

Dalam proses pelaksanaan aktivitas pembelajaran, ditekankan pada pengamalan akhlak yang mulia, toleransi tinggi, saling menghormati dan saling dukung sehingga menambah suasana belajar lebih menarik dan membahagiakan. Nilai nasionalis memberikan daya dukung yang kuat untuk berprestasi dan tetap memiliki jiwa, martabat dan kepribadian Indonesia.Rasa ingin menjadi pahlawan bangsa melalui bidang pendidikan memberi dorongan untuk sukses dalam belajar. Jiwa kemandirian merupakan karakter mulia dan mendidik seseorang untuk memenuhi semua kebutuhannya secara mandiri.

Jiwa kemandirian memberikan dukungan besar dalam mencetak pribadi-pibadi tegar, kokoh, optimis dan merdeka dari kebergantungan orang lain. Nilai karakter gotong-royong menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, kesolidan dan kepedulian kepada orang lain. Melalui karakter gotong-royong didapat hasil pekerjaan yang lebih cepat, lebih ringan dan lebih optimal.

Sedangkan karakter integritas mendidik untuk berlapang dada mengakui atau menerima sesuatu yang merupakan hasil kesepakatan bersama. Nilai integritas mengajarkan untuk mensyukuri nikmat, toleran dan jiwa berkorban demi kepentingan bersama. Produknya akan bersemayam karakter unggul, antara lain : sikap jujur, jiwa berkorban, niat untuk selalu menjaga keutuhan tim dan mendahulukan kepentingan bersama. Kelima nilai-nilai tersebut terintegrasi melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran pada Modul SIM PKB Matematika SMA Revisi 2017.

Modul SMA KK A.rev Download

Modul SMA KK B.rev Download

Modul SMA KK C.rev Download

Modul SMA KK D.rev Download

Modul SMA KK E.rev Download

Modul SMA KK F.rev Download

Modul SMA KK G.rev Download

Modul SMA KK H.rev Download

Modul SMA KK I.rev Download

Modul SMA KK J.rev Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website