PTK SMP

“Masalah yang utama dalam pengajaran sosial ialah bagaimana menemukan bahwa pelajaran yang dapat memberikan dorongan siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yag cocok dengan waktu, kebutuhan serta cita-cita peserta didik, karenanya guru seyogyanya berusaha mencari dan merumuskan stimuli-stimuli yang mampu membina respon murid ke arah terciptanya kecakapan intelektual dan pertumbuhan rasa yang dikehendaki. Untuk itu program pengajaran harus mampu menyajikan masalah lingkungan kehidupan anak”.

Kalau kita perhatikan, banyak sekali sumber daya potensial yang berada di sekolah yang dapat kita jadikan sebagai sumber belajar. Di sekitar sekolah kita terdapat masjid, toko, pasar, kolam, tempat rekreasi, kebun, pabrik, grup seni, dan lain-lainnya. Secara fungsional itu semua dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dalam proses belajar mengajar siswa. “Secara umum, proses belajar mengajar dengan mengaplikasikan lingkungan alam sekitar adalah upaya pengembangan kurikulum dengan mengikutsertakan segala fasilitas yang ada di lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar”.( Lily Barlia. 2002:2 )

Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar, akan memberikan pengetahuan nyata bagi siswa, juga dimaksudkan untuk menghindari verbalisme, sebab menurut Piaget, anak usia SD pada umumnya yaitu pada taraf anak belajar mengenal sesuatu melalui benda yang nyata terlihat di lingkungan sekitarnya. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat mempermudah siswa menyerap bahan pelajaran, lebih mengenal kondisi lingkungannya, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya, serta akrab dengan lingkungannya. Dalam hal ini Lily Barlia (2002: 1) menyatakan bahwa: “Kebiasaan untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia di lingkungan sekitar dalam proses belajar mengajar merupakan wujud proses belajar mengajar dengan pendekatan ekologi”.

Salah satu tantangan mendasar dalam pengajaran IPS saat ini adalah bagaimana mecari strategi pembelajaran yang inovatif yang memungkinkan meningkatnya mutu proses pembelajaran. Perkembangan dan kemajuan IPTEK membuka kemungkinan siswa tidak hanya belajar di dalam kelas akan tetapi peserta didik dapat belajar di luar kelas. Dengan belajar di luar kelas peserta didik akan lebih leluasa menemukan ide-ide yang diperoleh dari informasi berbagai sumber, melatih siswa utuk memecahkan suatu masalah yang ada di masyarakat. Maka dengan demikian siswa bisa secara kritis dan kreatif serta dapat melakukan aktivitas dalam belajar. JJ. Rouseau, (dalam Lily, B 2002: 3) menyatakan bahwa: “Anak-anak sebaiknya belajar langsung dari pengalamannya sendiri, dari pada hanya mengandalkan perolehan informasi dari buku-buku, guru pertamaku adalah kakiku, tanganku dan mataku, karena dengan inderaku itu mengajariku berpikir”.

PTK SMP 1 DOWNLOAD

PTK SMP 2 DOWNLOAD

PTK SMP 3 DOWNLOAD

Untuk PTK SMP Yang Lengkap dengan Lampiran Di bawah ini silahkan hubungi saya melalui contact-us

Lampiran     1: Daftar Hadir Siswa  ……………………………………………………………….

Lampiran      2: Daftar Nama Diskusi Kelompok ………………………………………………

Lampiran     3: Silabus …………………………………………………………………………

Lampiran     4: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran        ……………………………..

Lampiran      5: LKS       ………………………………………………………………………….

Lampiran     6: Kunci LKS       ………………………………………………………………..

Lampiran     7: Soal Tes Formatif                    ………………………………………………………

Lampiran      8: Kunci Tes Formatif       …………………………………………………..

Lampiran     9: Daftar Nilai Tes…………………………………………………………………………

Lampiran     10: LKHS       ………………………………………………………………………….

Lampiran     11: Lembar observasi aktivitas siswa        ……………………………..

Lampiran     12: Lembar observasi aktivitas kelompok …………………………….

Lampiran     13: Daftar hadir observer …………………………………………….

Lampiran     14: Surat Keterangan Perpustakaan………………………………………………………..

Lampiran     15: Surat Keterangan Izin Penelitian……………………………………………………..

Lampiran     16: Surat Keterangan Melakukan Penelitian…………………………………………..

Lampiran    17: Foto  kegiatan…………………………………………………………..